Kamis, 12 April 2012

Iri Hati

Iri hati itu sebenernya sangat manusiawi, terjadi disaat orang lain dapat memiliki apa yg sebenernya pengen kita miliki. Sebenernya ini sifat sebagian besar emang jelek, karna berefek pada skeptisnya kita sama orang tersebut, malah untuk sebagian penderita, iri hati ini bisa menimbulkan perselisihan. Tapi ada sisi positifnya juga, kalo penderitanya gak gila, yaitu jadi motivasi untuk memiliki hal yg sama, keberhasilan yg sama (meski itu akhirnya berujung menjadi follower sih, gak positif juga sebenernya).

Bahas dikit yuk iri hati yg biasa terjadi di lingkungan gue:
1. Iri Hati Terhadap Pasangan Orang Lain.
Pasti banyak yg mengalamin hal ini, terutama masa-masa SMA-kuliah. Meski banyak juga yg sok2an bersikap mesra untuk membuat orang iri, padahal mah kalo denger cerita dari mereka langsung, pasangannya ternyata bikin ilfil (misal: ceweknya ternyata bau ketek, atau ternyata cowoknya gak bisa ng*ceng-->Apa ini bahasanya). Kasus iri yg cowok biasanya suka bilang: "Sialan si A, muka jelek gitu, tapi ceweknya cakep bgt, seksi pula. Padahal masih gantengan gue". Atau yg cewek biasa bilang "Gila ya si B, koq bisa jadian sama C, jago basket, ganteng, pinter pula dapet ranking dikelas. Maunya sama B, gak mau sama gue yg lebih cantik". Mereka yg komen gini, adalah barisan sakit hati, yg berujung iri kepada orang lain. Tapi ternyata pas udah nikah, banyak juga yg masih iri hati sama pasangan orang lain loh. Sang suami bilang: "Enak bener jadi si D, istrinya masih seksi gitu, meskipun baru ngelahirin. Istri gue boro2, kerjaannya makan mulu.". Atau sang istri bilang: "iiihh.. Koq si E suaminya romantis gitu sih, meskipun udah nikah lebih dari 10 tahun.. Suami gue boro2, pulang kantor juga udah kecapean". Efeknya adalah, selalu menilai pasangan lain lebih bagus, yg berujung pada merendahkan pasangan sendiri, mempertanyakan hubungan yg telah dibangun selama ini.
2. Iri Hati Terhadap Harta Orang Lain.
Maksud gue "harta" disini adalah warisan, kasarnya, "itu uang ortu lo!!". Ini sebenernya gak ada yg perlu di-iri-in, karna yg jadi objek juga gak bisa ngapa2in. Mau iri gimana, kalo ada temen elo yg terlahir dari keluarga yg kaya dan berkecukupan?? Meskipun sang objek juga akan kesulitan untuk melepaskan diri dari label "anak orang kaya". Kedepannya orang pada berpikir, meski pake keringat sendiri, opini "Ah, paling itu duit ortunya" akan sulit untuk dipinggirkan. Kebanyakan, yg iri hati di posisi ini, bisa terjerumus sama indahnya dunia, material. Yg cewek biasanya "Si F koq bajunya bagus2 sih, kalo jajan juga gak mikir ngeluarin duit, ke salon mulu tiap hari. Gue harus nabung kalo mau semua itu, dia gampang dapetnya". Atau yg cowok biasanya "Sepatu bola asli gitu si G, mana kemana-mana naek mobil bagus. Lah gue, sepatu bola abal-abal, ngangkot pula". Efeknya adalah, selalu menyalahkan keadaan disaat lahir, yg berujung kepada melakukan segala hal untuk mendapatkan itu semua. Bisa dengan menjual diri atau melakukan pencurian agar dapat harta dgn cepat.
3. Iri Hati Terhadap Kesuksesan Orang Lain.
Kasus ini yg paling sering didenger dari lingkungan. Maklum, kalo udah seumur gue, masalah "kesuksesan" adalah yg paling sensitif buat diperbincangkan. Banyak yg mau terlihat sukses, tapi gak berhasil. Ya namanya juga "mau terlihat sukses", berarti kan belom sukses. Gampang loh ngeliatnya, jadi gak perlu begitu biar orang2 pada iri. Pada kasus ini, pencapaian seseorang akan dilihat dari perusahaan tempat bekerja. Biasanya yg cewek: "Si H koq bisa ya kerja diperusahaan gede kayak gitu, gaji gede, tasnya LV, high heels-nya Adidas (merk high heels apaan sih, Red). Padahal kan dulu dia SMA sama kuliah gak ada apa2nya. Gue yg pinter dan berprestasi cuma kerja di perusahaan ini". Yang cowok juga begitu "Si I bisa punya mobil sendiri, rumah sendiri, Gadgetnya juga lengkap bener, gara2 kerja di perusahaan itu. Dia siapa sih, kayaknya dulu biasa2 aja dibandingkan sama gue". Atau ke-iri-an dengan apa yg dilakukan untuk berpenghasilan. Yg karyawan: "Enak bgt si J punya usaha sendiri, waktunya bebas, duit kenceng. Sedangkan gue begini2 aja, capek". Yg wiraswasta: "Enak bgt kerja kantoran, masuk kantor tinggal ngerjain jobdesc, dapet gaji pasti, tunjangan, dll. Sedangkan gue harus nangis darah di awal". Efeknya adalah selalu berpikir apa yg dilakukannya untuk menghasilkan uang, masih gak ada apa2nya dibanding semua orang, berujung pada stres yg terus menggelayuti sepanjang hidup.

Enak gak sih iri hati kalo dilihat dari 3 kasus yg sering terjadi diatas?? Jelas gak enak, gue mah ogah. IMHO, biar iri hati ini gak terjadi, halnya simpel koq. Cukup mensyukuri apa yg udah kita punya. Dari gue kecil, selalu diajarin untuk selalu melihat kebawah dalam menjalani hidup biar selalu bersyukur. Dan cukup sesekali ngeliat keatas, untuk melirik, ternyata banyak yg lebih hebat sehingga memotivasi untuk terus maju. Contoh kecilnya, Ayah-Mama ngajarin gue makan itu dengan ngasih liat kondisi anak2 yg busung lapar, yg makan aja susah. Sehingga kalo ada makanan, meski sekadarnya, ya dimakan. Atau kalo berhasil ngelakuin sesuatu, dikasih selamat tapi gak berlebihan, biar gue gak terlalu bangga, karna diluar sana banyak yg pencapaiannya jauh lebih baik, buat apa membusungkan dada. Kalo nyambungin ke 3 kasus diatas, alhamdulillah gue mencoba menekan sifat iri hati ke batas maksimal (bohong kalo orang gak punya sifat ini didalam tubuhnya).
Di kasus pertama, ngapain iri sama pasangan orang lain, disaat kita memilih untuk berhubungan dengan orang tertentu?? Kan gak semua orang sempurna. Waktu gue punya pacar, pasti ada alasan untuk memilih mereka. Dan pilihannya emang bukan cewek yg "Ter" dilingkungan, Tercantik, Tersolehah, Terkaya, dll. Cukup memilih yg cocok, alias yg TERbaik buat gue saat itu. Pada akhirnya memilih Dewa untuk pasangan seumur hidup, tetep dia ada kekurangan. Minimalisir kekurangannya, maksimalin kelebihannya, itu aja kalo buat pasangan, apalagi kalo sudah menikah, simpel koq.
Di kasus kedua, ngapain iri sama orang kaya dari sononya?? Gue besar dikeluarga menengah, gak kaya, tapi juga gak susah. Punya temen dari kalangan bawah, dan juga orang kaya. Biasa aja berteman dengan mereka, kalo sama kalangan bawah, ikutin gaya hidup mereka, gak ada masalah. Kalo sama orang kaya, gak usah ikutin gaya hidup mereka kalo gak mampu, tau batas diri sendiri. Kalo lagi nongkrong, mereka pada jajan, beli makan/minum yg harganya mahal, ya gak usah ikut beli juga kalo gak ada duit. Gue gak pernah memaksa ortu buat beli mobil bagus (disaat mobil temen pada ceper), atau beli video game mahal (disaat booming Playstation). Udah dipinjemin mobil Katana atau punya Super Nintendo udah lebih dari cukup.
Di Kasus ketiga, ngapain iri sama orang yg sukses?? Kalo dilingkungan ada yg sukses, gue sangat senang, apalagi kalo dia adalah teman deket. Siapa yg gak seneng, kalo dulu kuliah nge-gembel bareng, atau pengangguran berjamaah, tiba2 sekarang kerja diperusahaan gede dengan gaji tinggi?? Sama sekali gak ada iri hati. Justru hal tersebut membuat motivasi, "Kalo dia bisa, gue juga pasti bisa", sehingga bisa memacu untuk bisa lebih baik dari apa yg pernah dikerjain. Kantoran atau wiraswasta juga kan ada enak atau enggaknya, juga gak perlu dijadiin bahan untuk iri hati, karna gak akan ada habisnya. Kalo elo kantoran, pikirin aja enaknya punya gaji tetap, tunjangan, dll. Kalo elo wiraswasta, pikirin aja enaknya juga, waktu bebas, kerja lebih nyantai, dll.

Segitu aja Blog sotoy gue ini, dan akan diakhiri oleh percakapan monolog yg dilakukan hanya oleh satu orang, lebih tepatnya percakapan orang gila yg nulis ini..
Kuestion (K) <Inisial terakhir itu huruf "J", jadi biar nyambung aja>: "Diatas, elo bilang gak mungkin ada orang gak punya iri hati..
Logab (L): "Iya, emang bener.."
K: "Berarti elo punya sifat ini dong??"
L: "Ya iyalah, gimane sih luh nanya gak penting gini??"
K: "Terus, apa yg membuat elo iri hati??"
L: "Gue iri hati cuma sama 2 jenis orang. Mau elo punya cewek se-cakep Megan Fox, punya bapak se-kaya Donald Trump, atau punya pekerjaan idaman dengan penghasilan super wah, selama elo bukan pesepakbola profesional atau rock star, gak akan buat gue iri hati sampe kapanpun!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar