Senin, 09 April 2012

Naiknya Derajat Asisten Rumah Tangga

Sebenernya udah lama mau nulis tentang beginian, ngeliat fenomena di sekeliling, kalo nyari Asisten Rumah Tangga (sampe kebelakang gue singkat jadi ART) yg bagus itu susahnya ampun2an, sampe ada anekdot, kalo lagi mengilustrasikan sesuatu yg sulit, udah bukan istilah "seperti mencari jarum ditumpukan jerami" lagi, tapi udah diganti jadi "seperti mencari ART yg jago masak, bisa urus anak, rapi dalam bersih2, dan SETIA". Ya kan?? Ya kan?? Ya Kan?? Enggak ya?? Emang itu gue karang doang koq..

Dulu gue punya ART yg setia, namanya Bi Sum. Dari kecil (SD), sampe lulus kuliah, dia selalu di BHP. Semua kebutuhan gue, beliau yg nyiapin. Dari mulai dimandiin, sampe bawa pacar kerumah pas SMA, ada juga doi. Gue cabut kuliah di Bandung, baru sebulan, tiba2 beliau nelpon dari Jakarta, sembari nangis, katanya kangen. Dia bilang: "Mas Andhika gak ada, Bi Sum mau berenti kerja dirumah Ibu. Satu2nya yg membuat Bi Sum bertahan dirumah itu cuma pengen liat Mas Andhika gede, dan bisa mandiri. Sekarang Mas udah gak perlu Bi Sum lagi, jadi mau berenti aja". Beliau termasuk ART yg setia. Setia ke gue, bukan ke keluarga. Ya sebelum ngekos di Bandung, emang termasuk anak Mama sih, apa2 maunya dilayanin.

Sejak saat itu, di BHP gak pernah lagi ada ART yg segitu setia. Keluar masuk, sampe akhirnya orang rumah pada capek dan memutuskan untuk gak usah rekrut ART yg nginep, cukup yg 3 kali seminggu dateng, beres-beres, nyetrika, dll aja, yaitu Mbak Nur. Dan makan juga ngerantang, tiap siang dateng, jadi gak perlu masak. Sama sekali gak ada masalah, karna udah biasa hidup ngekos, apa2 ngerjain sendiri. Kakak nikah, sampe punya 1 anak pun, masih gak nyari ART, karna semua ke handle, saling kerjasama.

Semua berubah setelah Dewa selesai masa cuti, dan kami balik ke BHP. Harus ada ART yg nginep (Mbak Nur tetep ada), 1 orang. Dapetlah namanya Teh Siti, orang Tambun, Bekasi. Masaknya enak bgt, kerja juga rapi dan cepat. Sangat mantab. Karna dia ngerasa hebat, jadi orangnya belagu, bikin perjanjian di awal sama kami. Kalo Jumat malam dia balik ke Bekasi (karna anaknya ada 5), Minggu malem dia ke BHP lagi, tiap weekend. Saat itu gak ada masalah, karna emang dia diperluin pas weekday. Soalnya kalo weekend gue-Dewa-Adia ke Pulogebang, Kakak-Abang-Rakata ke rumah Pung-Ma (neneknya), jadi gak ada anak yg perlu dipegang. Dia kadang suka balik Senin Subuh pun, kami gak ada masalah, karna kerjaannya bagus. Ternyata "megang" 6 orang dewasa dan 2 balita membuat kerjaan Teh Siti makin berat, dan kami memutuskan untuk nambah 1 ART orang yg nginep, dan Teh Siti mengusulkan nama Teh Mae, yg notabene adalah Kakak kandungnya sendiri. Teh Mae ini kebalikan dari Adiknya, kerjaan lelet, masak juga biasa aja. Tapi sangat rendah hati, pendiam, gak banyak omong kayak Teh Siti. Kombinasi mereka berdua membuat Mbak Nur "diistirahatkan", setelah kurang lebih 3 tahun setia kerja di BHP. Sedih bgt, tapi karna Mbak Nur orangnya sangat baik, dia nerima (soalnya kalo ada acara di BHP-pun, yg dipekerjakan juga pasti dia). Ada kakak-beradik ini membuat rumah jadi enak, semua bisa kehandle, karna saling meng-cover. Makanan enak, rumah rapi dan bersih, dan Rakata-Adia juga cepet deket sama mereka. Kalo weekend, Teh Mae tetep di BHP, Teh Siti seperti biasa balik ke Tambun.

Masalah timbul, saat tiba2 Teh Siti SMS:
TS (Teh Siti): "Mas, Teh Siti kayaknya Minggu gak bisa ke BHP, ini suami sama 2 anak lagi sakit."
G (Gue): "Oh, yaudah, gak papa Teh, Senin pagi aja ditunggu ya."
TS: "Belom tentu Senin juga Mas, ini gak tau sakit apa, mau dibawa ke dokter."
G: "Terus kapan ke BHPnya??"
TS: "Ya sesembuhnya, kalo Mas mau cari yg laen, juga gak papa koq."
G: "Oke, nanti saya cari yg laen Teh, tapi balikin dulu ya uang pinjaman Rp400.000 sama HP yg dikasih sama Kakak." (mencoba bersikap cool, tapi gondoknya minta ampun)
Note: Teh Siti ini suka minta dilebihin gajinya, kayak minjem duit, potong gaji bulan depannya (sejak gaji pertama!!) dan Kakak ngasih dia HP. Mau lo ngebiarin dia pergi gitu aja?? Bukan masalah Rp400.000 (masalah juga sih buat gue yg Padang, hahaha) atau harga HP, tapi masalah memperlakukan orang. Ada orang baik, bakal gue lebih baik-in. Ada orang jahat, pasti gue juga bisa lebih jahat. Ya itulah standar "jahat"-nya.

Teh Mae jelas gak kuat, dan kami cari partner buat dia, dapet namanya Mpok Iroh. Ini orang kayak preman tapi cewek, selonong girl, maen asal ceplas-ceplos kalo ngomong. Karakternya mirip sama Teh Siti, banyak omong, tapi gak belagu. Kombinasi yg cukup menjanjikan. Lama-kelamaan, sifat jelek Teh Mae ketauan, doi sering bgt telponan. Sampe pekerjaan kadang terlantar. Impactnya, sering ditegur sama Ayah-Mama kalo kebiasaan jeleknya lagi timbul. Kasarnya, udah kerja lelet, ditambah keganggu sama telponan, jadi makin lelet. Tiba2 ini 2 orang bikin masalah besar. Teh Mae izin weekend keluar untuk ngasih baju2nya Teh Siti yg masih ketinggalan, Mpok Iroh izin mau ngobatin pundaknya yg suka pegal-pegal ke dokter. Bisa ketebak gak masalahnya apa?? Betul sekali, mereka gak balik ke BHP!! Mpok Iroh gak punya HP, tapi Teh Mae SMS: "Mas, Teh Mae mau pulang ke Sukabumi, mau ketemu sama anak. Kalo sampe Senin gak ada di BHP, Mas cari orang lain aja ya". Itu SMS gue terima hari Minggu sore!! Itu adalah masa-masa yg sulit, karna di BHP cuma ada gue-Ayah-Mama, dengan 2 Balita di weekday. Sedangkan gue juga harus ngurusin kerjaan. Lebih kebantu waktu Kakak ngelahirin Ranaka, putra keduanya. Tapi gue yakin Kakak capek bgt saat itu, anak keduanya lagi sering begadang, anak pertamanya ngajakin maen kalo siang. Kombinasi gue-Kakak-Ayah-Mama ngurus 3 balita cukup membuat sedikit melupakan ART, cuma ngehired Mbak Nur lagi buat dateng 3x seminggu, dan kembali ke rantang.

Kakak cuti habis, disaat bersamaan gue-Dewa-Adia pindah ke Kelapa Dua. Gue butuh ART, di BHP juga butuh ART. Akhirnya dapet Arini sama Mbak Karni. Karna faktor umur (yg akan berpengaruh ke segi mental dalam bekerja), BHP milih Mbak Karni (yg kebetulan adalah Kakak iparnya-Mbak Nur), dan Arini (dapet dari "calo" si Mama kalo masalah ART) ikut ke Kelapa Dua. Alhamdulillah, mereka berdua termasuk ART (yg menurut gue) yang dapet nilai 8 (dari 10). Masak enak, kerjaan rapi, dan yg paling penting, bisa pegang anak. So far, mereka berdua gak pernah bikin masalah berarti, dan Ayah-Mama udah mulai ngurangin negur ART, karna tau dampaknya gimana nantinya.

Yang mau gue ambil dari cerita di atas adalah, jaman sekarang demand terhadap ART itu tinggi bgt. ART saat ini jadi pekerjaan yg demandnya banyak, tapi somehow, supplynya menurun. Jadi nyari ART yg nilai 7 dari 10 pun susahnya minta ampun. ART itu gue ilustrasikan kayak seorang Sarjana. Lulusan dengan gelar Sarjana itu demandnya banyak, tapi gak banyak Sarjana yg memenuhi kualifikasi dari satu perusahaan. Kalopun udah masuk telanjur ke 1 perusahaan, karna tidak equal, pasti akan bercerai. Entah akan dipecat oleh perusahaan karna ternyata kualitasnya ternyata jelek. Atau malah si Sarjana yg mengundurkan diri, karna merasa punya kemampuan lebih dan bisa dapet reward yg lebih baik di tempat lain. Sama kayak ART, didepan terlihat bagus, ternyata setelah dipekerjakan, ngelakuin hal2 yg konyol. Atau karna punya Bos yg galak, suka marahin, ART jadi gak betah dan ngundurin diri, cari kerjaan laen. Emang gampang buat mereka cari tempat lain?? Ya gampang, wong sekarang mereka rata-rata punya Handphone (HP). Tinggal SMS/telpon aja temen, minta cariin kerjaan. Seperti yg tadi gue bilang, demand banyak, mereka bisa nentuin sendiri mau kerja dimana. Gak kayak jaman dulu, disaat gak ada HP, ART terisolasi. Akses keluar tertutup, jadi cenderung untuk setia secara terpaksa, karna mungkin mereka berpikir, kalo gak kerja disini, belom tentu dapet ditempat lain. Masalah teknologi informasi yg ngebedain.

Banyak cerita-cerita dari lingkungan gue mengenai kasus-kasus sama ART, yang kalo disimpulin sebenernya cuma ada 2 kombinasi dari semuanya..
1. ART Nyebelin, Bos Baik.
Situasi ini adalah disaat si Bos udah memberikan fasilitas yg dibutuhin kepada ART, tapi ARTnya emang dasarnya nyebelin. Contoh kasus: ART kadang dikasih bonus diluar gaji, suka diajak jalan2, kalo minta libur dikasih, weekend bangun dikasih kompensasi siangan dikit, pinjem uang diberi tapi yg ART lakukan seenak udelnya aja. Minta naekin gaji, memperpanjang libur, ngerasa dirinya super dibutuhin, jadinya malah ngelunjak.
2. ART Baik, Bos Nyebelin.
Situasi ini adalah disaat ART sudah menjalankan tugasnya, tapi selalu aja ada kekurangan atau kesalahan dimata si Bos. Contoh kasus: Bos udah menentukan, job desc buat ART seperti apa diawal dan kompensasi yg akan dibayarkan. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata kerjaan yg diberikan tidak sesuai. Misal awalnya cuma diberi tugas untuk beres2 rumah, nyapu-pel, nyetrika-nyuci, masak, dll. Ternyata diberi tugas sembari jaga anak. Atau disaat ART melakukan kesalahan kecil, dimarah2in seolah2 sang ART abis ngebakar rumah.

Kalo elo pernah disituasi gonta-ganti ART, kombinasi mana yg elo alamin?? Pasti pada mikir situasi nomer 1, si ART-nya yg nyebelin, karna mereka adalah orang yg kita bayar, jadi harus nurut apapun yg kita bilang, kayak robot. Jadi istilah "Bos Selalu Benar" emang elo jalanin. Atau emang elo harusnya udah mulai mikir, kenapa suka gonta-ganti ART, apakah ternyata sebenernya di kombinasi nomer 2 yg sedang dialamin?? Kalo ternyata, elo yg nyebelin, sehingga mau ART sebaik dan sehebat apapun, gak akan betah punya Bos kayak gitu??

ART itu udah kayak karyawan. Gue pernah jadi karyawan. Jadi kalo mau menilai sebenernya kombinasi yg mana sih yg terjadi, cobalah berpikir layaknya sebagai karyawan. Kalo elo dikantor, punya Bos yg nyebelin, elo pengen resign gak?? Kalo elo dikantor punya Bos yg ngasih kerjaan diluar jobdesc, capek gak, dan niat cabut?? Kalo dikantor udah kerja secara maksimal, tapi ujung2nya dimarahin, mau cari kerjaan ditempat lain gak?? Ya sama aja kayak ART, itu yg mereka alamin selama kerja di tempat elo. Selama gue jadi karyawan, gue pengen punya Bos yg asik, baik, suka bercanda, ngasih kerjaan sesuai porsi, marah kalo emang kerjaan gak bener, royal untuk ngasih bonus saat target achieve atau sekedar nraktir pas lunch atau dinner abis lembur. Dan itu yg dilakuin sekarang ke ART yg kerja sama gue.

Derajat ART itu udah naik, udah bukan jamannya kita memperlakukan mereka layaknya robot atau mesin yang selalu siap menerima perintah, tanpa punya perasaan atau tanpa punya keterbatasan tenaga. Kalo emang mau semuanya berjalan benar (at least bukan kombinasi nomer 2 yg terjadi dalam hidup elo), cobalah perlakukan ART seperti elo mau diperlakukan oleh Bos ditempat kerja. Apa yg elo gak mau dilakuin oleh Bos, jangan dilakuin ke ART. Dan apa yg elo harapkan dari seorang Bos, lakukan hal tersebut dalam memperlakukan ART.

Si Dewa punya kalimat nyinyir yg pas buat nutup blog ini: "Semua ART pasti ada kekurangannya, apa yg bisa kita harapin dari orang yg mungkin sekolah aja enggak?? Kalo emang mau punya ART yg bisa semua, kemampuan beres-beres hebat, masakan enak, jago pegang enak, dan juga punya time management yg rapi, complaint handling yg baik, kemampuan mental yg excellent.. Ya cari aja ART yg bergelar Sarjana, atau sekalian S2!! Tapi emang ada yg mau?? Kalo gitu, ya harus kita yg menyesuaikan sama kapasitas mereka, wong kita yg lebih pinter dan berpendidikan koq.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar