Jumat, 22 Juni 2012

unsuccessful Football Player, Musician.. (and maybe a banker)

Ini judul di blog. Tau judul tau apa sih gue kagak ngarti, ada kolom, maen asal nulis aja. Mau ceritain sedikit kenapa gagal jadi pemain bola, musisi, atau mungkin bankir. 2 yang pertama tentu adalah hobi yang bisa menghasilkan uang. Yang ketiga, ya tempat kerja yg seolah2 elo pinter aja gitu tentang Manajemen Keuangan (maklum, dulu paling bego dikampus). 2 pertama adalah 2 profesi yang gue SANGAT IRI kepada pelakunya. Yang ketiga, merupakan profesi Dewa, dimana dia bagian treasury di salah satu bank swasta, dengan bonus tahunannya gak sesuai dengan akal sehat. Tapi tetep gak bikin iri kalo masalah harta mah.. (udah kebiasaan hidup kere, atau emang suami matre--->>Pantun yg pas, belakangnya "e" semua)

1. Unsuccessful Football Player
Sebenernya, olahraga pertama gue itu basket dan karate (pasti yg udah kenal gue, kaget nih dengernya, bloon gini gak bisa olahraga pake tangan). Dulu sempet nempel ring di garasi rumah, dan selalu maen sama tetangga. Sekedar maen shoot2an atau man to man. Posisi gue waktu itu shooter (gak ngarti sih bedanya Guard sama Forward apaan) dan sangat mengidolakan Reggie Miller-nya Indiana Pacers. Karate pun gue sempet sampe ban biru waktu SD. Dan paling enak kalo lagi ujian di Velodrome, karna sparing lawan anak seumuran tapi beda ranting. Kayak pelm karate kid dah, ditonton ortu segala. Berasa jagoan (padahal mah kalo berantem beneran gebuk2an doang, capek). Mulai kenal maen bola itu pas SD kelas 5, pas worldcup 1994. Keikutan temen2 yg pada maen. Tapi tetep masih lebih aktif maen basket. Sampe akhirnya ada insiden abis lulus kelas 6, tangan kanan gue retak pas maen bola (kena gebok pas lagi tangan posisi gak siap, lemah abis). Dan harus di gips sekitar 6 bulan (bahkan sampe masuk SMP masih pake gips di tangan). Selama cedera, udah jelas gak bisa karate sama maen basket lagi, kalo olahraga cuma pake kaki. Pas gips dibuka pun, maen basket gak nyaman pake tangan kanan, sampe akhirnya satu insiden membuat gue berenti maen basket. Lagi sparing sama sekolah lain, pas gue mau shoot, ada yg ngeblock kenceng banget, dan tangan kanan gue (yg bekas retak) sakitnya minta ampun. Stop jadi Abas. Ngerasa lebih nyaman maen bola, dan kayaknya punya sedikit bakat, minta sama Ortu masuk ke klub sepakbola (dulu mau masuk Maesa, deket rumah). Jawabannya seperti kebanyakan Ortu lain: "Mau jadi pemain bola kamu?? Nanti hidup darimana duitnya?? Jadi pemain bola itu susah, coba liat, siapa pesepakbola di Indonesia yg bisa hidup enak?? Udah, belajar aja yg bener!!". Kandas. Mungkin Ortu kalo ngeliat kehidupan pemain bola jaman sekarang, yg gaji minimalnya 10 juta rupiah buat pemain profesional, bakal sedikit menyesal dulu nolak permintaan anaknya. Akhirnya, cuma jadi pemain bola tingkat sekolahan. Sempat membela tim SD kalo ada kejuaraan (gara2 lakinya dikit), membela tim SMP (cadangan). Cuma pas SMA jadi pemain inti emang gara2 skill dan jadi kapten pula (eh, apa ini juga gara2 gue jadi ketua ekskul sepakbola ya??). Posisi gue playmaker kalo di sepakbola (pas dibelakang striker). Sampe kuliah, di tim angkatan bisa jadi pemain inti di posisi yang sama, dan lumayan berprestasi. Cuma di tim fakultas aja, Coach Haris ngasih posisi jadi deeplying playmaker. Sempet dia bilang ke gue: "Gol, role elo di tim ini kayak Pirlo di Milan. Elo Pirlo-nya Ekonomi UNPAD!!". Eneg banget nih pasti rekan setim gue saat itu, yg baca tulisan ini, hahaha.. Tapi pas lagi kuliah, justru lebih fokus maen futsal, karna mungkin cocok sama karakter permainan gue yg mengandalkan passing. Jadilah cuma pemain sepakbola level kampus.

Pirlo-nya Ekonomi UNPAD ada di tim ini.. (eneg gak lu bacanya??!!)
 2. Unsuccessful Musician
Mulai suka dengerin musik itu dari SD, tapi masih random, masih nerima musik yg pengen gue denger. Dari mulai grindcore, Slank, Five Minutes, Nugie, band lokal lain gue beli kasetnya. Masih belom tau ada musik dari luar yang lebih keren. Sampe akhirnya pada satu kesempatan, nonton konser band bernama "Oasis", di tengah lagu, ada gambar2 gede musisi yg udah tewas, sampe saatnya ada satu wajah nongol, dan sang vokalis langsung nyembah ke gambar tersebut. Pas ngeliat, anjir, keren banget!! Apaan tuh bisa sampe disembah segala. Akhirnya gue nanya temen yg udah tau Oasis duluan. Yang di gambar itu ada John Lennon, pentolan The Beatles yg udah meninggal. Dan The Beatles adalah band legenda dari Inggris, dan sangat diidolakan Liam, sang vokalis Oasis. Dari situ, mulai gue memperhatikan Oasis ini, dan mulai cari tau tentang aliran musiknya, Brit Pop. Berlanjut ke band lain asal British gue kenal, Blur, The Stone Roses, Pulp, The Cure, Morrissey, Suede, dll. Resmilah jadi anak Indies (gaul amat nih dulu), dan sering nongkrong di Poster Cafe, dan Pensi Freak bgt, rambut miring udah kewajiban. Sering dateng ke acara, koq mereka yg manggung itu keren2 banget. Pasti turun panggung ada ceweknya, terus juga ada penonton cewek yg teriak2, membuat gue tergoda untuk menjadi orang yg dipanggung (tae banget motivasinya). Akhirnya mulai kesana kemari nyari temen bikin band. Sempet jadi bassist di band komplek (bawain lagu2 sendiri tentang moral, neraka, dll, ngehe banget kalo inget, hahaha) pas SMP. Pas SMA, udah gengsi bawain lagu Indonesia. Sempet diajakin jadi additional vocal sama band Sergeant Pepper pas acara di SMU 14 (bukan gara2 suara bagus, tapi emang mereka pengen ada 1 personel dari tuan rumah, biar ada yg nongton), band bawain lagu Oasis. Dan gue sok2an jadi Liam (pake kemeja panjang, kecrekan, dan bawa minum ke panggung. Kalo Liam bawa bir, gue bawa Aqua gede!! #taelah), bawain Digsy Dinner sama Cigarettes and Alchohol. Gaya mah kata temen2, bolehlah mirip Liam. Tapi pas gue denger rekaman video, MASYAALLAH.. SUARANYA GAK MASUUUUKKK!!! Kapok. Akhirnya pindah jadi drummer. Awalnya, temen se-geng, yg disebut FIB (Four Imaginary Boys, #taelah namanya), mau bikin band. Yang laen pada bisa maen alat musik gitar, plus keyboard. Cuma pada gak bisa drum. Karna gue yg gak paling berskill, iseng deh belajar drum. Lumayan, dari beberapa kali latian, band kami jadi penampil terakhir pas lagi Prom Night, dan paling ramaaii!! Pindah ke Bandung, susah nyari anak Brit Pop, jadinya gak bisa bentuk band. Sampe pada suatu ketika, Sabatias (Abang) ngobrol2 mau bikin band rock n roll sama Yonas (bassist), tapi kurang drummer. Gue iseng aja bilang ke mereka, kalo gue sempet maen drum di SMA, tapi bawain lagu britpop. Mereka setuju, dan mau nyoba gue!! Seneng banget waktu itu, karna beberapa minggu kemudian ada acara dikampus dan kami daftar. Tapi langsung ngedrop, pas disuruh ngulik lagu-nya Led Zeppelin, "Black Dog" (lagu ini baru tenar semenjak Yoda pernah nyanyiin di Indonesia Idol dan band anak-ponakan Ahmad Dhani, Lucky Laki bawain keren abis)!! Namanya ngedrumin lagu2 Britpop yg gampang2, disuruh bawain yg ketukannya aneh gitu. Lagu kedua, "Take it or leave it"nya Jet sih masih bisalah. Pusing, sempet ngedrop, untungnya Abang-Yonas orangnya selow dan terus ngasih semangat. Mereka cuma bilang "Kalo ngeband mah yang utama gaya dulu Gol, masalah nanti maennya gak bersih atau gimana, selama penampilan di panggung bisa menarik perhatian, mereka gak akan terlalu peduli sama musik yg kita maenin". Dibilang begitu, gue langsung semangat, dan selalu berperilaku "aneh" selama di panggung untuk mengurangi skill gue yg katro. Cukup sering manggung kami waktu itu. Malah, saking katronya gue maen drum, ada temen Dewa nonton kami manggung, dia bilang gini: "Ini band angkatan elo Wa?? Anjir, bassist-nya jago banget. Ini juga vokalisnya suara kuat banget................................................................". Dewa nunggu kelanjutannya, tapi kriiikk.. kriiikk.. DIA GAK BAHAS DRUMMERNYA!! Ngehe. Pengalaman manggung yang "aneh" itu yg bikin gue iri sama rockstar, karna perasaan luar biasa saat elo ditonton banyak orang, dan bertingkah semau elo. Ala rockstar.

Drummer asal-asalan
3. Unsuccessful Banker
Udah pernah gue ceritain di Blog sebelum2 ini, coba cek, kalo gak salah "Pengalaman Dipecat 3 kali". Kalo masih kurang juga, nih poto kenapa gagal jadi banker waktu di Standard Chartered Bank..

Relationship Manager merangkap Office Boy
Yaaahh.. Begitulaaahh.. Kenapa judul tersebut gue masukin di blog ini. Mau jadi pemain sepakbola profesional, terganjal sama restu orangtua dan tehnik yang gak istimewa (cuma jago "ngerayu" pelatih biar bisa masuk tim--->>Hati-hati salah mengartikan). Mau jadi musisi atau rockstar, keganjal sama suara yg pas2an buat jadi vokalis, dan skill yg pas2an buat jadi drummer. Mau punya pekerjaan bergengsi kayak bankir, keganjel emang dasarnya gue males, gak mau disuruh2 dan gak bisa jualan.

Hidup emang ada jalannya, meski gak bisa jadi pesepakbola profesional, masih suka maen bola lapangan gede, seenggaknya rutin futsal. Meski gak bisa jadi rockstar, masih suka diajakin ngeband sama temen, cuma sebatas ngurangin kangen. Meski gak punya pekerjaan bergengsi kayak banker, tapi bisa punya gaya hidup selevel sama banker. Bedanya, mereka dikejar target, gue nentuin target sendiri.

Bersyukur aja sama yang elo punya sekarang..

“A goal is not always meant to be reached, it often serves simply as something to aim at.” – Bruce Lee
“There is far more opportunity than there is ability. “ – Thomas A. Edison

Tidak ada komentar:

Posting Komentar