Senin, 29 September 2014

Ayah Lebih Dekat Ke Anak Pertama?

Gue gak pernah bisa jawab pertanyaan ini..

Kalopun bisa jawab, ya jawaban denial aja sebenernya.

Sampe akhirnya Carra hampir berusia 6 bulan..

Sewaktu masih cuma punya Adia sebagai satu-satu-nya anak, gak akan mungkin bisa menjawab pertanyaan sesuai judul diatas. Emang gak punya pengalaman-nya. Karna banyak yang bilang, Ayah selalu lebih dekat ke anak pertama. Bener gak? Gue coba sedikit ngasih opini pribadi ya.

Banyak sekali perbedaan mendasar 6 bulan pertama punya Adia, dan 6 bulan pertama punya Carra, antara lain:

1. Persaingan,
Waktu Adia, doi merupakan satu-satu-nya idola bagi gue dan Dewa. Perhatian sangat-lah fokus sama Adia. Gak ada yang nge-distract kalo lagi pengen maen. Kalopun kerjasama ngurus, MUDAH banget. Karna 2 orang dewasa saling bahu-membahu buat ngurus 1 anak, gampil banget. Itu juga yang jadi salah satu alasan kami untuk nambah anak. Biar makin seru aja, karna 1 anak udah terlalu nyaman buat kami, udah tau trik-nya.
Sedangkan waktu Carra, kami telah mempunyai Adia yang sedang aktif-aktif-nya mencari tau ini-itu, ngelakuin ini-itu. Disaat waktunya ngajak maen Carra yang belom bisa ngapa-ngapain, sang Kakak juga ikutan ngajak maen. Kalo lagi di situasi kayak begini, gue lebih milih maen sama Adia, dengan meninggalkan Carra, misalnya diatas tempat tidur dan ngasih beberapa mainan biar bisa main sendiri.

2. Tempat Tinggal,
Waktu Adia, selama 3 bulan awal, saat Dewa cuti, kami tinggal di Pulogebang, rumah Bapak-Ibu-nya Dewa. Beres cuti, pindah ke Kramat Jati untuk tinggal bersama Ayah-Mama. Kenapa gue bilang sangat berpengaruh? Saat masih tinggal bareng orangtua/mertua, kadang kita "dipaksa" untuk ngurus anak. Ada yang pernah ngerasa? Kayaknya kalo pulang kantor telat aja gak enak. Mau keluar rumah juga ada rasa segan. Takut diomongin orangtua/mertua: "Gimana sih ini, udah punya anak, tapi anak-nya ditinggal mulu". Jadi secara gak sadar, gue sangat dekat dengan Adia, bahkan sering kali (meskipun gak selalu), kalo dia lagi kenapa-kenapa, pasti yang dicari gue, bukan Ibu-nya
Sedangkan waktu Carra, kami udah pisah dari orangtua/mertua dan menempati rumah sendiri, dimana peraturan yang digunakan adalah peraturan yang kami bikin sebagai pasangan suami-istri. Jadi terkadang lebih bebas dan tanpa pressure. Gampang-nya, waktu masih numpang, kalo Adia nangis, gue harus buru-buru menenangkan-nya, karna takut orangtuaa/mertua berpikir gue gak becus sebagai seorang Ayah. Kalo sekarang Carra nangis? "Iyaaaaaa.. Bentaaaaarr". Gitu juga udah biasa. Sehingga respon gue untuk Adia dan Carra sangat-lah berbeda.

3. Rutinitas,
Waktu Adia masih dibawah 6 bulan, perusahaan tempat gue mencari nafkah-pun masih sangat merangkak dari bawah. Bahkan belum mengantungi izin dari Bank Indonesia. Masih serabutan cari customer-nya. Order juga masih belum terlalu banyak. Jadi masih santai banget untuk memandikan Adia setiap pagi-nya, bisa ngasih ASIP secara leluasa, baru nitipin Adia ke asisten, dalam pengawasan Ayah atau Mama. Sore-pun jam 3 udah kelar kerjaan, udah tutup kantor. Bisa fokus lagi ambil Adia dari mereka, dan fokus ngurus-maen sama dia, sampe Dewa pulang.
Sedangkan waktu Carra, udah gak bisa begitu lagi. Perusahaan ini alhamdulillah udah cukup banyak nerima order pengiriman, jadi yang dikerjain juga lebih banyak. Belom lagi ada peraturan baru dalam 1-2 tahun terakhir, harus bikin laporan untuk BI dan PPATK setiap hari-nya. Ditambah dengan harus antar-jemput Adia sekolah. Pagi hari Senin-Jumat udah gak sempet buat mandi-in Carra, karna dia belom bangun, Adia udah harus berangkat. Ngasih ASIP-pun begitu. Dulu gue sangat leluasa untuk ngasih ke Adia, karna pagi-siang terkadang gue "buka kantor" dideket sekolahan, jadi gak balik lagi kerumah, pemberian ASIP juga diserahkan kepada asisten. Sedih sih, tapi emang itu kayaknya pilihan yang paling masuk akal dengan situasi kayak sekarang. Kerjaan juga udah gak bisa jam 3 udah bener-bener beres, kadang harus molor karna bikin laporan dan ada transaksi yang belum done. Kalopun udah beres, si Kakak udah segar bangun dari tidur siang, dan ngajakin maen. Alhamdulillah masih dikasih waktu buat mandi-in sore. Yang kadang suka gue manfaatkan agak lamaan, kesempatan untuk fokus sama Carra, karna Adia biasanya ngalah ngasih adek-nya mandi duluan.

4. Aktivitas,
Waktu Adia, gue sangat orang rumahan. Ya itu tadi, karna mungkin masih numpang, gak enak kalo ninggalin dia dirumah, ditambah emang saat itu cukup sulit untuk menjalankan hobi. Susah cari temen buat maen futsal dan sepakbola. Apalagi dulu gak kepikiran untuk olahraga lari, malah pernah bilang sama Dewa, benda impian gue buat dibeli kalo udah punya rumah sendiri: Treadmill. Jadi gak perlu keluar rumah buat olahraga.
Sedangkan waktu Carra, gue "mengembalikan" jiwa untuk berolahraga. Sejak pindah rumah, gabung sama Big Reds Depok, untuk main futsal dan sepakbola secara rutin. Dan mulai merasakan (kembali) nikmatnya berlari outdoor, setelah dulu SMA juga sempet ngewakilin sekolah di lomba lari jarak menengah. Yang otomatis, kembali mengurangi waktu gue untuk Carra.

Karna 4 alasan diatas, somehow, chemistry gue ke Carra berbeda dengan chemistry gue ke Adia, at least selama 6 bulan umur mereka.

Efek-nya apa?

Carra sangat lebih dekat ke Dewa.

Carra akan minta digendong Dewa, meskipun saat dalam gendongan gue.

Carra akan mengeluarkan muka yang jauh lebih bahagia saat ngeliat Dewa pulang, dibanding saat ngeliat gue pulang abis nganter Adia sekolah.

Carra akan menangis kalo tau Dewa udah pulang kantor, tapi gak di kamar bareng dia. Cuma makan atau pipis doang palingan... Padahal ada gue...

Itu udah sangat sulit dikalahkan dalam 6 bulan ini, kemenangan sangat mutlak buat Dewa.
Bahkan, sekarang gue "bersaing"-nya dengan Arini dalam mengambil hati Carra. Iya, Arini yang ngasih ASIP. Itu sangat berpengaruh besar dalam 6 bulan ini.

Damn.

Balik ke pertanyaan di judul, gue bakal jawab:

"Ya, selama 6 bulan ini, gue lebih deket ke Adia".

Fiiuuhh..


Masih banyak PR buat gue sebagai Ayah yang keren, yang bisa memberikan waktu dan perhatian ke anak-anak-nya dengan maksimal. Anak gue baru 2, harus-nya bisa 50%-50% porsi-nya bagi Adia maupun bagi Carra. Hingga saat pertanyaan tersebut kembali diapungkan, gue dengan tegas bisa menjawab:

"ENGGAK!! AYAH DEKAT KE SEMUA ANAK-NYA!!"

Wish Me Luck..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar