Selasa, 28 Oktober 2014

Sedihnya Menjual Mobil Pertama

10 Januari 2010.

Itu adalah tanggal gue menikah sama Dewa, tanggal dimana ada seorang wanita dengan pertimbangan penuh risiko, berani menikahi seorang pria pengangguran gak jelas.

Di awal pernikahan, mereka menghidupi kehidupan-nya hanya bermodalkan gaji yang didapat sang istri, sementara kegiatan sang suami adalah nongkrong di warnet untuk masuk-masukin CV ke perusahaan, disela-sela pekerjaan wajib-nya, antar dan jemput sang istri ke kantor.

4 minggu setelah pernikahan. JENG-JENG. Sang istri hamil!! Sedangkan sang suami masih belum mendapatkan pekerjaan sama sekali.

Demikian-lah awal dari kehidupan kami yang penuh KENEKATAN.

Diantara-nya:

Nekat bikin perusahaan.

Nekat nyicil mobil.

Nekat nyicil rumah.

Nekat bikin "sekolahan".

Dan nekat-nekat kecil lain-nya.

Bahkan kalo dipikir-pikir, kenekatan tersebut sudah dimulai bahkan sebelum Dewa dinyatakan hamil:

Nekat menikah.

Nekat ML tapi "ngeluarin" didalem.

KERJAAN AJA GAK PUNYA, GIMANA MAU NGIDUPIN ISTRI DAN ANAK WOOOYY???!!

Pada kesempatan ini, gue akan bahas kenekatan kami dalam nyicil mobil...

Seperti yang dibilang diatas, di awal pernikahan, gue merupakan pengangguran, dan semua biaya awal kami menikah, murni dari gaji Dewa semua. Mulai dari belanja kebutuhan pokok, seneng-seneng, sangat ngandelin Dewa. Saat gue bikin perusahaan, itu juga gak serta-merta langsung kasih pemasukan, karna beberapa bulan awal semua profit buat nutupin modal terlebih dahulu. Jadi masih pas-pasan banget.

Buat ngapa-ngapain aja susah, mana kepikiran buat beli mobil?

Sampe hari ini, gue masih punya motor yang dibeli tahun 2008. Motor itu merupakan andalan gue untuk pergi bekerja, dan beraktivitas. Bahkan kalo pacaran sama Dewa, kemana-mana kami seringnya naik motor. Meski sering juga masih pinjem mobil orangtua/mertua kalo emang sulit menggunakan motor ke tempat tujuan. Sampe kami menikah-pun masih seperti itu situasinya.

Situasi berubah saat Dewa memasuki kehamilan 3-4 bulan. Dia mulai mengeluh kalo di antar-jemput kantor sama gue pake motor, malem-nya punggung-nya sakit banget. Maklum, usia segitu udah mulai sedikit membesar kandungan-nya.

"Bun, beli mobil yuk", Dewa membuka percakapan.

*glek*, gue cuma bisa nelen ludah.

"Bukan masalah punggung aku yang suka pegel aja Bun, tapi cepat atau lambat kita emang harus punya mobil sendiri. Nanti kalo Rhadiyya lahir, kita mau jalan-jalan atau sekedar ke Rumah Sakit, masa' masih pinjem mobil Ayah/Mama atau mobil Bapak?", dia melanjutkan.

"Tapi kita juga kan pas-pasan gini Bun. Indo Koala belum ngasih profit yang bagus, belom harus nyiapin buat lahiran Rhadiyya, terus blablablabla..", seperti biasa, gue memberikan excuse penuh ketakutan.

"Aku masih ada sisa bonus kemaren, terus kan kita masih punya simpenan lumayan tuh abis dari nikahan, sama sekali belum dipakai. Pake itu aja buat DP, nanti cicilan pake fasilitas kantor aku aja, rendah koq. Tapi terserah kamu aja sih gimana", Dewa memberikan argumen berikutnya.

"...............", gue cuma diem aja, ngerasa gak berguna sebagai (seharusnya) pencari nafkah utama didalam keluarga..

Hari-hari berikutnya kami tidak membahas masalah membeli mobil lagi, tapi somehow, gue ngerasa kasian Dewa malem-malem suka kebangun, bilang sakit punggungnya dan minta gue pijetin. Dan beberapa kali gue pengen pinjem mobil, tapi ternyata mobil-nya mau dipake. Gak bisa komplain juga, wong bukan mobil gue koq, terserah si pemilik-nya. Jadi terpaksa harus ngemotor lagi. Dan omongan-omongan Dewa, kembali muter di pikiran gue.

"Yuk Bun, beli mobil aja nekat!! Masalah nanti empot-empotan pas nyicil, ya pikirin nanti aja!!", akhirnya gue berani ngomong gitu ke Dewa.

Setelah browsing mobil-mobil murah dan irit bensin (2 kriteria utama kami dalam memilih mobil saat itu), akhir-nya pilihan utama jatuh kepada Suzuki Splash.

Selain 2 kriteria diatas, jenis mobil tersebut kami pilih karna baru beberapa minggu launching di Indonesia. Jadi, ini mobil jenis baru, dan masih sedikit orang yang punya.

Masih inget banget, waktu itu gue sama Dewa lagi ke Tamini Square, terus ada pameran Suzuki disana, pas lagi liat-liat, disamperin oleh salah satu Salesman, Vicky, dan dia menjelaskan berbagai hal mengenai Splash. Gak perlu waktu lama, karna emang udah kepincut dari awal, kami membeli di dealer Suzuki Kalimalang, karna waktu itu Vicky bekerja disana.

Kami mengambil cicilan termurah, 5 tahun, dengan uang muka puluhan juta hasil nikahan plus sisa bonus yang Dewa miliki. Sudah dapat ditebak apa yang terjadi? Betul sekali. Semua uang yang kami miliki habis sudah untuk membayar uang muka mobil.

Pengeluaran akhir-nya harus ditekan semaksimal mungkin. Gak ada lagi weekend makan di restoran, kalo mau jalan-jalan, ya makan dulu dirumah baru pergi. Sebelum punya mobil aja empot-empotan, ini ditambah harus ngeluarin biaya bensin, perawatan, serta cicilan tiap bulan-nya.

Hari makin berjalan, kenekatan kami ada hasil-nya. Dewa jadi gak ngerasain sakit punggung kalo malem, Dewa bisa jadi tambah istirahat, karna pas berangkat dan pulang kantor bisa tidur di mobil. Urusan kantor gue juga bisa merasa lebih aman, karna saat itu masih sering mondar-mandir ke bank dengan membawa uang puluhan juta di tas menggunakan motor. Kalo mau kemana-mana juga gak perlu lagi nanya "Mobil dipake apa enggak?" ke orangtua atau mertua, jadi gak merasa ketergantungan. Begitupula pas Adia udah lahir, udah gak repot kalo mau kemana-mana bertigaan.

Yang paling penting, hari makin berjalan, alhamdulillah, rejeki gue sama Dewa makin membaik. Mulai bisa ngumpulin uang lagi sedikit demi sedikit, sampe akhirnya di tahun ketiga kami dapat melunasi Suzuki Splash tersebut, sebelum masa angsuran-nya berakhir.

Dan tidak terasa, semakin tahun berjalan, ini Splash juga semakin tambah tua...

Sepengetahuan kami, umur mobil maksimal hanya sampai 5 tahun, artinya, setelah 5 tahun akan banyak sekali biaya yang dikeluarkan untuk perawatan.

Juga dengan kehadiran Carra sebagai anggota keluarga yang baru, kapasitas Suzuki Splash jadi semakin sempit untuk kami ber-empat.

Tiba-lah pada keputusan:

Jual Splash, dan hasil penjualan-nya untuk uang muka kendaraan baru untuk kami.

Keputusan yang tidak mudah, mengingat banyak sekali kebersamaan yang telah kami lewatkan selama 4,5 tahun ini. Selama itu pula Splash ini tidak pernah rewel, sama sekali belum pernah mogok, meski gue, Dewa, Adia merupakan orang yang "jorok". Ya gak perlu dijelasin deh kalo pernah ada yang pernah naek mobil gue mah, sampah dimana-mana, jarang dicuci, dan sebagainya. Kalo dia bisa ngomong, pasti bilang: "Aaaahh.. Mandiin gue sekali-kali ngapa sih, gue mogok juga nih". Tapi gak pernah begitu. *mulai gilak nih gue nulis*

Splash ini sudah menemani dari mulai cuma berdua doang sama Dewa. Adia masih di carseat, Adia duduk didepan, sampe Carra sempat pula merasakan jasa-nya, meski cuma di carseat, belum sampe kedepan, kebelakang, nyanyi, berdiri, loncat-loncat, gelantungan, kayak Kakak-nya.






Setelah mengumumkan akan menjual Suzuki Splash yang kami miliki, pada akhirnya, Senin pagi 27 Oktober 2014, gue melihat dia dimandikan untuk terakhir kalinya, sebagai pemilik, sebelum diserahkan kepada sang pembeli.

Sedih asli.

Elo boleh bilang gue berlebihan..

Tapi, elo akan sangat menghargai suatu barang, kalo mengingat perjuangan bagaimana mendapatkan-nya. Ini Splash merupakan harta pertama mahal yang kami berdua miliki. Ini Splash merupakan buah dari kenekatan kami untuk menyicil mobil dengan keadaan pas-pasan. Ini Splash merupakan salah satu simbol dari pernikahan kami yang merangkak dari bawah dalam keadaan ala kadarnya.





Transaksi jual-beli akhirnya terlaksana sekitar pukul 10.00 di hari yang sama, yang bertempat di BCA Margonda. Saking tidak mau terpisah-nya, gue minta anterin pembeli untuk anterin ke dealer, yang kebetulan searah.

Dan saat itu gue merasakan momen kesedihan tersebut..

Suzuki Splash, yang telah menemani keluarga kecil gue selama 4,5 tahun bergerak menjauh dari gue..

Untuk selamanya..

Selamat tinggal kawan, semoga mendapatkan pemilik yang lebih telaten sama urusan mesin hingga record gak pernah mogok tetap terjaga, yang lebih berhati-hati dalam berkendara sehingga tidak menimbulkan baretan di bodi, dan tentu saja yang lebih "bersih" dari kami.

Terimakasih juga untuk sang pembeli yang sudah berbaik hati untuk memberikan kesempatan kami melakukan silang nomor, sehingga ada "kenangan" yang tetap bisa kami pertahankan sampai, at least, 5 tahun ke depan.

Bye-bye My Splash, thank you for everything..

7 komentar:

  1. Laku berapa gol? Gua juga pake Splash matik, yang model facelift (tahun 2013 kemaren). Emang banyak lebihnya mobil ini meski lama kelamaan sempit juga kalo bawa orang banyak. Tapi overall ini mobil emang oke sih :D

    Btw ga lebay lah. Dulu pertama gua jual mobil hasil beli sendiri juga sedih.
    Tuh mobil dah nemenin anak istri kemana2. Hehehe. Cuma bedanya gua sama elo, gua belinya city car lagi coz mampunya baru itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayan 80. Harusnya bisa lebih. Karna gue minta silang nomer, jadi dikurangin dah. Kan dia harus nunggu prosesnya sebelum bisa jual lagi.

      Hapus
  2. salam kenal bung, saya salut dengan tulisannya ternyata ada juga ya yang mellow dengan masalah nilai kenangan pada mobil hehehe, saya juga ada beberapa pengalaman malah waktu itu sampe sekeluarga nangis (waktu itu sedan timor)

    kemudian sekarang punya mobil kaleng kembar, eh pernah mau dijual sampe kami nangis lagi sekeluarga semua tawaran yang masuk mental semua eh akhirnya alhamdulillah sampe 6 tahun menghuni garasi keluarga kami padahal kilometer sudah hampir kepala 2xx.xxx hehehe
    saya jadi ngerasa mobil kaleng kembar ini seolah punya ikatan batin dengan saya :)

    BalasHapus
  3. Keren bang. Baru mau ngerasain feeling kyk gitu hari ini :'

    BalasHapus
  4. Sy terharu baca ini. Saya jg akan melepaskan mobil pertama saya besok. Menukar tambahnya dgn yg baru setelah 8 tahun. Banyak kenangan bersamanya

    BalasHapus
  5. Bentar lagi ortu jual mobil kedua kita. Mobil kedua rasa pertama tapi, karena pertama kali road trip naik Mobil ini, anter daftar sekolah gw smp, anter gw daftar kuliah, sampe anter gw pindahan kerja. Walaupun udah tua, dan uda ada Mobil 2 lain yg lebih baru, kita sekeluarga sayang bgt ama ni mobil. Berhubung rumah udah ga muat, dan mobil udah jarang dipake (bokap udah berumur, mobil gak power steering), ortu sepakat lah untuk jual mobil ini. Maaaan, patah hati gw :( Belum laku aja gw udah nangis diem2 di kamar. Kalo duit gw cukup, gw bakal beli ini mobil. Tapi apadaya... belum mampu... sedih banget bro asli. Terlalu banyak kenangan selama 12 tahun, yang ga akan digantikan :(

    BalasHapus