Senin, 07 September 2015

Adia and Her 1st (own) Race

Berolahraga merupakan salah satu aktivitas penting didalam hidup. Malah ada anekdot yang bilang, mending merokok tetapi olahraga rutin. Daripada tidak merokok, tetapi jarang olahraga. Gue sih gak demen ya ilustrasi-nya begitu, mau gimana juga ngerokok gak ada sehat-sehatnya -__-

Tapi simpel-nya aja, kenapa menurut gue olahraga itu penting:
Secara Batin.
Setelah melakukan olahraga (dengan benar), tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin. Itu adalah hormon "kebahagiaan". Yang biasanya muncul setelah elu beraktivitas yg menyenangkan. Abis makan enak, liburan yg seru, bahkan juga orgasme setelah ML. Pernah ngerasain kan gimana nikmatnya? Pikiran santai, perasaan senang, dan sebagainya.
Secara Fisik.
Dengan terus melakukan kegiatan yg berulang dalam olahraga, otomatis tubuh akan menyesuaikan. Misal, latihan cardio seperti bersepeda, lari, berenang, yg melatih fungsi pernapasan secara maksimal. Bukan hanya organ dalam, tetapi juga organ luar, karna akan menemukan bentuk tubuh yg ideal. Gak pernah liat kan atlet aktif, tapi bermasalah dengan obesitas? Yaaaa.. Mungkin atlet sumo pengecualian kali ya :))

Kalo Batin terjaga, Fisik juga sehat, hidup juga akan terasa lebih mudah untuk dinikmati. Gak cuma Batin sama Fisik aja sih sebenernya, duit juga penting. PPPFFFTTT..

Dari kecil, hidup gue emang selalu suka bergelut dengan olahraga. Mulai dari maen tap jongkok, benteng, kasti. Sampe yg beneran, kayak basket. Itu sebelum tangan patah pas kelas 6 SD. Dan akhirnya meninggalkan olahraga tangan (ini bener loh, bahkan gue pertamakali cokil pas kuliah. #pencitraan), karna masih trauma, dan beralih ke olahraga menggunakan kaki, sepakbola.

Karna menurut gue penting, hal tersebut juga akhirnya tertanam untuk semua anggota keluarga saat ini. Alhamdulillah Dewa yg ngenalin gue (kembali) sama olahraga lari. Jadi udah gak perlu bujuk dia buat olahraga, biar badan gak makin melar karna faktor usia dan gue jadi gak napsu lagi sama dia nanti, kan berabe. Ke anak-pun begitu, Adia udah dari kecil gue kenalin sama olahraga. Mulai dari sering gue ajak nonton tayangan sepakbola, bahkan Ultimate Fighting Championship (UFC). Iya, UFC. Karna itu juga merupakan salah satu jenis olahraga, yaitu beladiri. Sampe beberapa kali gue ajak kalo lagi Fun Run di UI, yang notabene tinggal ngesot dari rumah. Kagak deng, mesti naek kendaraan juga. Mayan juga kalo ngesot sampe 4KM, koreng yang ada kaki lu nanti. Budukan dah.



Gambar diatas waktu race di UI, lari barengan sama Dewa dan Adia yg full stroller dari start sampe finish. Sayang medali cuma buat 50 finishers pertama, jadi pulang gak bawa oleh-oleh. Untung Adia satu-satunya peserta kecil disana, jadi gak iri-iri-an kalo ada yg seusianya bawa medali. #MasalahUtamaBalita




Kalo yang ini, race di UI juga, dengan ketentuan sama, cuma 20 finishers pertama dapet medali. Disini gue lari duluan biar bisa dapetin medali, dan muter balik buat ngejemput Dewa-Adia. Disini pula Adia mulai "berkembang", karna gak Full 5K di stroller. Sesekali dia turun dan ikut berlari, kalo capek naek stroller lagi. Dan kayaknya lumayan bisa dapet 1K berlari sepanjang track.



Makin kesini, makin sering gue libatin Adia kalo lagi ada acara sama temen-temen. Gambar diatas waktu Ayah ASI Runners bikin "Jogging for Breastfeeding" di Car Free Day. Seru, lari ramean sama anak-anak juga yang sepantaran. Meski gak full lari, dan akhirnya capek (serta ketiduran) di stroller. At least Adia makin terbiasa dengan aktivitas olahraga.

Minggu 30 Agustus 2015


Setelah Dewa hamil 6 bulan Carra, dan sudah jelas jenis kelamin-nya perempuan (lagi), banyak yg bilang kami harus kembali punya anak ketiga, yang berjenis kelamin laki-laki, biar bisa nerusin darah olahraga dalam diri gue. Ah, anak perempuan juga bisa koq..




Jarak tergantung sama umur saat hari-H. 5 tahun kebawah, 100m. 5 tahun keatas, 400m. Kalo boleh milih, jujur, pengen-nya Adia di 400m biar lebih jauh dan menantang. Apa daya umur tidak mencukupi. Meski tenang juga sih cuma 100m. Dan malah jadi lebih memotivasi Adia, ternyata Children Sprint ada podium dan dapet duit untuk 5 besar. Dengan umur 4 tahun 10 bulan, harusnya dia merupakan anak yg paling besar diantara lainnya. Ya gak besar deh, TUA :D


And Here You Are!! At Start Line.

Saat elu jadi orangtua, poto-poto sederhana begini sangat membuat hati senang. Karna Adia melakukan-nya tanpa terpaksa, dengan kemauan-nya sendiri, juga dengan hati yang riang gak ada beban. Cuma di video-nya aja kedengeran suara Dewa: "Ayo Adia, Fokus!! Lari yang cepat!!" -___-

Sayang gue gak finish Marathon dalam waktu 3 jam 30 menit, jadi gak bisa ngeliat Adia and Her 1st (own) Race.
Race pertama dia tanpa stroller.
Race pertama dia keluar keringet dengan jerih payah.
Race pertama dia dapetin medali dengan tenaga sendiri!!

Sama Maika, anak Bli Kholik yg juga berhasil finish di 400m

YEAAAYY!! YOU DID IT MYGIRL!! YOUR 1ST FINISHERS MEDAL!!

Meski gak naek podium dan dapet duit buat makan-makan (daging babi buat Ayahnya), Adia begini aja gue seneng-nya bukan kepalang. Dia berhasil melakukannya sendiri, tanpa bantuan kami sama sekali. Oh Man, She Grown Up So Fast :((


Mudah-mudahan ini bukan Finishers Medal Adia yg pertama dan terakhir.
Juga bukan Marathon Finishers Medal gue yg terakhir.

Adia ikut run race gak dipaksa, emang kemauan dia. Mungkin gemes kali dia ya kalo gue lagi latian, Selasa sore sama Sabtu pagi suka ninggalin. Dia ngeliat gue pake sepatu, pemanasan, sampe keluar rumah lari. Kan anak-anak paling jago untuk mencontoh. Terutama mencontoh orang-orang terdekatnya, siapa lagi kalo bukan orangtua-nya sendiri bukan?

Sekali lagi, gue gak bermimpi dia jadi atlet nasional, menang di PON, bawa nama Indonesia di Olimpiade. Karna itu terlalu ambisius.

Yang terpenting, Adia terbiasa olahraga dari kecil. Bukan buat gue, tapi buat dirinya sendiri.

1 komentar: