Jumat, 17 Juni 2016

Depok Running Buddy (Derby)

Nyomot dari FB
Postingan kali ini, gue mau cerita sedikit tentang salah satu komunitas lari regional Indo Runners, yang berlokasi di Depok, yaitu Depok Running Buddy, atau biasa di singkat Derby. #sikaaaaaattt

PASTI udah pada baca postingan-postingan di blog ini dulu kan, tentang gimana gue mulai ikutan lari (lagi)??!! UDAH KAN??!! *maksa*

Singkatnya, pas SMA gue udah ikutan lari buat ngewakilin sekolah, tapi pas kuliah gak ada lagi lomba atletik, dan di Bandung fokus maen sepakbola (sama futsal di tahun-tahun akhir). Baru mulai balik lari karna diajakin Dewa, sekitar 4 taun lalu, buat nemenin dia race 5 miles di Alam Sutera. Eh, jadi ketagihan mulai saat itu. Asiknya, bisa jadi back-up kalo lagi gak bisa jalanin hobi maen sepakbola/futsal, karna 2 olahraga itu perlu ada kawan, lawan, dan lapangan. Jadi bisa gue analogikan kalo maen sepakbola/futsal itu tungs, lari itu cokil. Jauh lebih enak tungs. Tapi kalo gak bisa, cokil juga oke-lah daripada enggak sama sekali :D

Rada susah kalo lagi pengen berkeringet, harus nunggu kabar temen pada bisa apa kagak, lawannya gimana, lapangan udah di booking atau belom. Dan itu, asiknya, gak gue temuin kalo mau lari. Bisa kapan aja, dimana aja. Tanpa perlu ngandelin orang lain. Cocok buat gue. If you know what I mean, If you already know who I am :)

Jadi-nya lumayan rutin lari bedua sama Dewa di kawasan Universitas Indonesia (UI) tiap weekend, kalo lagi gak ada jadwal race. Karna dulu kami berdua termasuk Medal Hunter, ada race dimana ngikut aja buat dapet medali. Iya, jaman-jaman biaya pendaftaran gak semahal sekarang :(

Sampe suatu ketika, di jaman twitter masih merajalela, akun @IndoRunners nge-RT salah satu akun atas nama Fajrin, yg kasih foto, ada sekumpulan orang lari, dengan latar belakang UI, terus pake spanduk panjang "Indo Runners" dan "Depok Running Buddy". Wih, apaan nih?


Akhirnya gue reply ke sang pemilik akun, dan nanya-nanya. Beliau bilang, mereka rutin ngadain lari bareng, Sabtu pagi di UI. Waaaaahh.. Asiiiikkk.. Cobain ah gabung..

Kalo mau tau, tujuan gue tertarik bergabung cuma satu: Cari Lawan. Beneran. Selama ikutan race, dan ketemu beberapa teman, gak ada yg bisa "ngimbangin". Jadi selalu berpikiran udah gak punya "lawan" untuk level pelari seneng-seneng kayak gue ini. Berbahaya deh kalo udah mikir gitu, bisa stuck di tempat, karna gak ada yg dikejar. Dan mungkin suatu saat bakal bosen sama olahraga ini, mengingat peran-nya yg cuma sebagai pengganti dari 2 olahraga utama gue.

Akhirnya ikutan deh gabung sama Derby, untuk pertamakalinya.

Setelah kenal-kenalan, seru juga ternyata ada pemanasan bareng segala. Maklum norak ye, biasa lari cuma bedua doang sama Dewa. Yang lebih seru lagi, ternyata mereka ada internal challenge gitu. Dan pas gue dateng, lagi bikin 5K challenge, siapa tercepat, dia yg menang. Dalam hati, karna belom pernah dapet "lawan", yakin banget. Gue bakal gemparkan komunitas ini, sebagai debutan yg langsung menang di challenge pertama!!

Pas mulai, 1.... 2..... START!!

Lari dah gue, ngekor persis dibelakang pelari terdepan...

1K pertama masih bisa, tapi koq engap bener ya..

Gak nyampe 2K, gue kehabisan napas, Did Not Finish..

-____-

EDAN PADA KENCENG BANGET.

Ini yang gue cari..


Hari itu juga gue gabung di Facebook Derby, dan disitu pula banyak yg posting artikel-artikel tentang lari. Serius, gue jarang banget baca begituan, karna emang belom banyak orang yg mulai lari kan. Orang artikel-artikelnya juga kebanyakan pake bahasa Inggris. Untung aja TOEFL gue 150-an.

Hari itu juga gue gabung sama grup whatsapp Derby. Cuma jadi silent reader, karna emang belom pada kenal, yang akhirnya cuma bertahan beberapa minggu, gue izin left karna itu grup rame banget buset sampe nge-hang HP, ngehe bener :)))

Hari itu juga gue terbuka mata-nya, ternyata masih banyak pelari seneng-seneng yg lebih cepet!!


Sabtu demi Sabtu gue lewatin, sebagian besar emang gak ikutan Saturday Morning Run UI (Samrui), yg merupakan agenda rutin Derby. Mulai 2014 gue udah rutin latihan sendiri buat ikutan Marathon, dan Sabtu jadwal long-run, jadi sulit buat nyamain waktu. Kalo lagi gak ada jadwal latihan dan mau cari keringet, baru gabung ke Samrui. Tapi tujuan gue gabung Derby untuk "Cari Lawan", kesampean.

Dari "Lawan" yg di maksud jauh diatas gue kecepatan-nya, sampe akhirnya pelan-pelan gue bisa ngimbangin, dan (kayaknya) sekarang udah bisa ngelewatin.

Dari waktu 10K cuma bisa di 56-58 menit, sampe bisa under 50 minutes, itu juga sedikit banyak karna gue gabung ke Derby, belajar dari pelari-pelari yg lebih cepat. *hat off*



Makin kesini, membuat gue makin berpikir....

Koq dulu alasan gue gabung sama komunitas ini, dengan alasan yang nyebelin gitu ya, "cari lawan"...

Ini komunitas gak melulu soal siapa yg lebih cepat larinya, siapa yg lebih jauh larinya..

Disini becandaan selalu bikin ngakak, apalagi kalo lagi anak road vs anak trail..

Mereka gilak banget kompaknya, mereka bisa bikin race bareng, bisa ngumpulin dana bareng..

I must make a strong connection with this family...



Mulai deh terlibat dengan berbagai acara yg Derby bikin, ramean jadi marshal di Jakarta Marathon 2015, kalo gak ada program pasti gabung Samrui dan makin sering ikutan (ternyata lari ramean, sembari ngobrol asik juga, gak mikirin target waktu dan jarak), gabung lagi di grup whatsapp karna udah kenal beberapa orang didalamnya. Karna gue inget sama anekdot yg mengatakan "Kalo mau jadi orang yang lebih baik, bertemanlah dengan orang-orang baik". Sama Derby, konteks "baik" gue rubah menjadi "sehat".

Because, you know what...

Dari sekian banyak orang di Derby, GAK ADA SATUPUN YANG NGEROKOK. Ya seenggaknya kalo lagi bareng ya, gak tau kalo diluar. Kayak kemaren abis bukber. Gue sengaja loh keluar, terus ke sekeliling. Biasanya kan pasti ada tuh yg mojok 1-2 orang buat ngerokok, namanya abis puasa seharian, terus makan, gak asem apa itu mulut kalo emang perokok kan. INI GAK ADA. Edan. Bisa begitu ya, padahal ini banyak loh orangnya. Salut. Komunitas yg tepat kalo ada yg mau berenti ngerokok.


"Kalo mau jadi orang yang lebih sehat, bertemanlah dengan orang-orang sehat".

Elu doyan lari, tapi males ikutan sama komunitas lari? Gue kasih 2 alasan, kenapa lebih baik ikutan komunitas daripada jadi lone runner selamanya:

1. Naekin Performa,
Di komunitas, elu bakal ketemu pelari-pelari lain yg lebih cepet dan lebih kuat, itu bakal memotivasi buat naekin performa. Dan biasanya mereka sharing cara latihan-nya gimana.
2. Nambah Teman,
Di komunitas, elu gak cuma dapet temen buat lari bareng, tapi juga temen dalam arti sebenarnya. Orang yg bisa diajak ngobrol dan ketawa bareng.

Awal masuk Derby, alasan gue cuma nomer 1.

Sekarang, alasan nomer 1 menurut gue jadi lumayan terdengar konyol, ngapain juga begitu. Atlet bukan, kompetitif amat -__- Kan yang penting bisa rutin olahraga, sesuai kemampuan. Harusnya dari awal, alasan nomer 2 udah cukup buat gabung di suatu komunitas. Karna semakin banyak teman, di masa depan akan semakin banyak manfaat buat hidup kita.

Itu sih yang gue pahami sampe detik ini.

Dan itu yang gue dapatkan saat bergabung dengan Derby 3 tahun lalu..

Friends, Families. You Name It.

DONT WORRY RUN HAPPY!!


Tertanda,




Andhika Akbar
Anak Road Sejati

13 komentar:

  1. Wah seru yah Gol, jd pengen gabung. Gw jarang lari bgt skrg2 ini. Dan, yak setuju.. Klo mau jd org yg lebih sehat, berteman lah sm Orang-orang sehat 👌🏻

    BalasHapus
  2. Hahahaha tulisannya apa adanya khas Bagol as usual :))

    But too (y)

    BalasHapus
  3. Hahahaha tulisannya apa adanya khas Bagol as usual :))

    But too (y)

    BalasHapus
  4. SUKA banget sama tulisan ini.. Anyway nyari tombol like kagak ada, makanya ditulis saja :D

    BalasHapus
  5. SUKA banget sama tulisan ini.. Anyway nyari tombol like kagak ada, makanya ditulis saja :D

    BalasHapus
  6. Saya sering juga melihat teman teman Derby pas rajin ikut race tahun lalu. Tahun ini saya udah ga pernah ikut race lagi, abisnya mahal banget sekarang kalau ada race. Di Burners, kami juga sering bahas antara road dan trail. Tapi bukan memperdebatkan, malah beberapa teman yang rajin road kerap diajak trail, paling dekat yah ke Gunung Pancar sekalian mandi di sungai di sana hahahaha.

    Ayo sekali kali main ke Kota Wisata Cibubur, berlari bareng Burners :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih Burners sama Onel ya berarti? Sip, sip kalo ada waktu cobain kesana. Waktu yg Burners bikin acara Night Run, gue lagi gak bisa ikut :(( Gue pun gak pernah ikutan race di Jakarta yg bayar lagi.

      Hapus

  7. mau main taruhan bola online, aman dan terpercaya. agent sbo ibc maxbet resmi. dengan promo bonus member baru dafftar segera di https://goo.gl/OQKZcJ
    Whatsapp : +8498764303
    BBM : 7AABD79C
    WeChat : fifagol
    LINE : fifagol
    Bank Support : BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    Facebook : https://www.facebook.com/fifa.gol.7
    atau mau liat gambar sexy abg https://goo.gl/8QSaFv atau tante sexy https://goo.gl/Hm3qfT berita bola pun ada https://goo.gl/ltFSUY yuk berkunjung

    Prediksi bola dan berita

    Abg Sexy Pamer toket

    Jablay pamer meki

    Agen terpercaya MAXBET

    Agen resmi terpercaya SBO*BET

    BalasHapus
  8. Ternyata ini Bung BaaaGol, gw kirain siaaape? Scroll2 pas nyampe bawah..jyaah baagol ternyata...

    abdul qahar Mene '04 neh, defender Mene terbaik...ha ha

    Minggu lalu gw ikut BTS Ultra 30KM di Bromo, lu ikut kaga tuh?...

    Gw lagi cari komunitas di depok. Persiapan buat Tahura Trail 2018 (Januari), sama Rinjani 100 Race (Mei)...

    Ntar gabung ah di Derby. Thnx infonya Gol...

    BalasHapus