Selasa, 27 September 2016

Dewa di JAFRA

Beberapa bulan yang lalu, Dewa membuka percakapan sama gue..
Dewa (D): Bun, si x ngajakin aku ikutan gabung di Jafra, boleh gak?
Gue (G): Apaan itu Jafra?
D: Kayak MLM gitu Bun, produknya kosmetik.
G: MLM? Emang percaya kamu sama kayak begitu? Temen-temen aku yg pernah nawarin MLM, sampe hari ini masih biasa-biasa aja tuh, belom punya kapal pesiar.
D: Jadi member gitu juga gak mahal koq, nothing to lose aja, sekalian bantuin dia juga. Niat resign soalnya, buat fokus di Jafra.
G: Oh ya udah kalo begitu, cobain aja gih.


Setelah percakapan tersebut, Dewa mulai belajar tentang perawatan kulit. Karna saat dia memutuskan untuk menjadi member Jafra, secara otomatis dia akan mempunyai jabatan sebagai seorang Consultant. Artinya, ya dia harus ngarti tentang masalah kulit. Jadi kalo suatu saat ada yg mau cari info tentang produk Jafra, dia bisa menjelaskan. Kalo suatu saat ada yg mau jadi member Jafra, dia bisa ngejelasin kenapa Jafra punya produk yg lebih bagus daripada merk lain.

Dewa sendiri itu di lemari make-up sama di kamar mandi, banyaaaaakk banget produk-produk kosmetik buat kulitnya. Buat inilah, buat itulah. Buat muka aja ada berapa biji tuh dia pake berlapis-lapis kalo mau tidur. Mandi juga, ada scrub ini, scrub itu. Ribet bener buseeett.. Lah gue buat perawatan kulit cuma 2 doang: Buat mandi pake sabun batang merk apapun yg lagi diskon di supermarket, buat muka dari dulu masih setia pake Po*ds -___-

Buat mempelajari lebih jauh tentang produk-produk Jafra, gak ada cara lain, harus eksperimen di kulit sendiri... JUGA KULIT SUAMI :((


Dari hasil eksperimen, Dewa ngeliat beberapa keunggulan produk Jafra dibandingkan produk-produk yg pernah dia pake sebelumnya. Jujur, gue kagak ngarti apaan keunggulan-nya. Hahaha. Yang gue rasain langsung, kulit dia emang lebih mulus, flek di muka berkurang, terus kayak lebih kenceng. Jadi enak buat diciumin. Dan secara aura juga dia lebih percaya diri, jadi makin menantang aja buat gue buat "menaklukkan" :D

Menurut Dewa, untuk wanita diatas umur 30 tahun, apalagi yg udah pernah hamil dan melahirkan (dimana pasti pengaruh perubahan hormon di dalam tubuh akan sangat besar), penting banget buat menjaga kulit untuk tetap bagus seperti sedia kala. Makanya kenapa semakin tua umur seorang wanita, biaya perawatan kulit makin mahal, makin ribet. Menurut gue, gak ada seorang wanita pun di dunia ini yg totally cuek sama penampilan. At least keliatan bagus di mata pasangan, biar pasangan gak ngelirik cewek laen kan. Berabe kan kalo gak terawat. Jadi jangan pada seneng dulu dengan kalimat "Pasangan terima gue apa adanya koq". Coba perhatiin, dalam sebulan dia ngajakin ML berapa kali. Kalo sedikit (atau malah gak pernah sama sekali), mungkin ML di luar kali tuh sama cewek lain yg lebih "bagus". Boong banget dalam sebulan cowok gak perlu buat "ngeluarin" :)))

Dan seiring berjalannya waktu, karna punya performa yang bagus, perlahan Dewa "naik jabatan" di Jafra, mulai punya tim sendiri, sehingga tanggung jawabnya juga semakin besar. Prinsip dia sewaktu jadi Consultant sih simpel aja: "Ngasih edukasi perawatan kulit sebaik mungkin". Jadi fair. Kalo produknya bagus, dia bakal bilang bagus. Kalo produknya biasa aja, dia bakal bilang biasa aja. Gak melulu supaya target jualan tercapai. Idealis juga, dia bilang, kalo yg beli pada puas sama hasilnya, nanti juga pada repeat order. As simple as that.


Did I Mention "jualan"???!!!

Ya, itu yang Dewa lakuin di Jafra. Untuk tiap tingkatan jabatan, mereka punya target jualan tersendiri. Semakin rendah jabatan, semakin sedikit target. Tapi begitu mulai naik jabatan, dan udah punya tim sendiri, konsekuensinya mau gak mau ya target naik. Gue kurang ngerti sama konsep MLM, yang katanya selama elo berhasil nyari "kaki-kaki" dibawah, bisa nyantai aja diatas tinggal terima "gaji". Tapi kalo di sini, mau elo baru mulai, ataupun udah diatas, jualan itu wajib!! Karna "gaji" yang elo dapet ya hasil dari jualan. Mau udah jabatan diatas, tapi gak ngapa-ngapain, ya gak dapet reward yg sesuai. Mau udah jabatan diatas, tapi gak ngapa-ngapain, ya "gaji" bisa balik lagi ke awal, waktu pertamakali memulai jadi Consultant. FAIR ENOUGH sih. Elo dibayar dari apa yang udah elo lakuin. Ibarat di pernikahan, kalo elo memperlakukan istri dengan baik di luar ranjang, dia akan memperlakukan elo dengan "baik" di ranjang. Ya mirip gitulah, gue bingung ngasih ilustrasi yg diluar selangkangan soalnya.

Elo orang kantoran? Tiap perusahaan pasti melakukan proses jual-beli. Coba liat deh, yg gaji lebih besar, orang-orang di bagian apa.. Betul.. SALES. Gaji naik terus, remunerasi, bonus penjualan, reward (hadiah jalan-jalan, dsb), you name it. Karna orang-orang ini adalah ujung tombak perusahaan. Perusahaan gak jualan, mau dapet duit darimana? Mau gaji karyawan darimana? Makanya banyak yg ngeliat pekerjaan SALES itu kayaknya berat banget. Tapi worth it sama yg di dapat. Coba aja bikin riset sendiri. Siapa yg bisa menghasilkan uang buat perusahaan, ya dia yg dapet lebih banyak. Udah umum itu mah. Jadi jangan remehin orang SALES. Coba baca kisah orang-orang yg sukses, dalam hal ini, yang punya uang banyak. Pasti sebagian besar waktunya dipake untuk melakukan proses SALES. Entah itu menjual "kemampuan" dirinya, maupun menjual produk yg dia (atau perusahaannya) ciptakan. No shortcut to the top..

Balik ke Jafra. Gue pribadi ngeliat, jualan yg dilakukan para Consultant itu mirip-mirip dengan reseller. Sebenernya cuma perantara aja antara produsen dengan konsumen. Jadi kita gak mikirin gimana produk itu di produksi, gimana bahan baku-nya, dll. Tugas-nya cuma menyebarluaskan keunggulan dari produk tersebut ke khalayak ramai, menjelaskan secara langsung apabila ada yg tertarik dan mau tau lebih jauh. Kalo ada yg tertarik, tinggal ambil barang ke kantor Jafra, kasih deh ke konsumen. Thats it. Kalo ternyata produknya cocok, gak perlu jelasin lagi ke konsumen tersebut, pasti bakal repeat order koq. Abis itu balik lagi ke awal, cari konsumen baru. Gitu aja berulang. Gak perlu kantor, gak perlu ada jam kerja, semua bebas kita yang atur, asal tau konsekuensinya. Semakin performa elo naek, semakin tinggi reward yang didapat. Gue mungkin cowok, bakal susah kalo disuruh jualan kosmetik, karna temen-temen kebanyakan cowok juga. Tapi kalo elo cewek, pasti punya banyak temen cewek. Market-nya gede banget. Mulai dari saudara/sepupu, tetangga, para Ibu dari temen anak di sekolahan, grup arisan, temen SD sampe temen kuliah, followers di social media. Peluang masih terbuka lebaaaaarrr..






Jadi keinget, waktu pertama kali dapet "gaji" dari Jafra, Dewa seneeeeenngg banget.
Dewa (D): "Horeeeee Bun, gaji dari Jafra aku udah masuuuukk"
Gue (G): "Wah asiiikk.. Selamat yaaa.. Dapet berapa emang?"
D: "sekian"
G: "Oh" (sembari balik maen HP, karna emang jumlahnya biasa aja)

1-2 bulan terakhir ini, saat Dewa udah naik jabatan...
D: "Bun, karna aku udah di posisi X, makin tinggi nih targetnya"
G: "Jalanin aja dulu, tanggung udah kecebur. Jadi berapa sih emang sebulannya?"
D: "Sekitar x poin"
G: "Bisalah pasti, selow. Kalo bisa masuk target, emang dapetnya berapa?"
D: "Gajiku bisa jadi SEKIAN Bun"
G: (langsung naro HP, memperhatikan dengan seksama) "AH SERIUS BUN??!! SINI AKU BANTUIN!!"




Jadi kalo elo liat di kantor Jafra ada cowok celana pendek sendal jepitan lagi ngantri buat ambil barang, ITU GUAAAAAHHH!!!

In the end, ada 2 perubahan yg gue liat dari Dewa sejak memutuskan jadi Consultant di Jafra:

1. Kulit Lebih Terawat,
Gue gak ngerti ada kandungan-kandungan apa di dalam produk Jafra, tapi sebagai suami yg tiap hari ketemu istrinya, perubahan itu kerasa banget. Kan gue yg ngerasain skin to skin, lip to skin, dsb sama Dewa. Karna Dewa juga (mungkin) ngerasa ada perubahan di perawatan, aura percaya diri dia makin tinggi. And I Love It.

2. Tambahan Penghasilan,
Dewa emang masih mengutamakan pekerjaannya sebagai Treasury di salah satu bank swasta, tapi bisa dapetin penghasilan tambahan "sekian", tanpa mengurangi waktu dalam melakukan pekerjaan utamanya, bukankah itu worth it untuk dikejar? Elo bakal kaget kalo tau jumlahnya. Gue aja sampe rela bantuin.

Kalo elo percaya sama gue dan Dewa, pasti tau ini bukan omong kosong, karna kami sendiri anti-MLM sebelum Dewa memutuskan masuk kecebur untuk ngeliat gimana sistemnya. Dan menurut kami, ini berbeda sama konsep MLM yg selama ini kami tau. Di Jafra gue sih ngeliatnya semua sistem fair. Elo jualan banyak, dapet gaji gede. Elo jualan sedikit, dapet gaji kecil. Apapun jabatan elo saat itu.

Dari 2 perubahan positif yg Dewa dapetin setelah jadi Consultant di Jafra, untuk masalah "Kulit Lebih Terawat" gue gak bisa cerita banyak, karna emang gak ngerti. Bisa langsung tanya Dewa aja yg lebih paham mengenai kulit sama produk-produknya. Tapi kalo untuk "Tambahan Penghasilan", gue bisa menjamin kalo bergabung di tim-nya Dewa, elo bakal bertemu dengan sosok "leader" yg asik, pandai membuat suasana menjadi ceria, selalu terjaga semangat-nya. Di awal, terutama buat yg belom punya pengalaman dalam menjual, pasti bakal terasa berat. But, trust me, Dewa bakal membimbing dengan cara-nya yg keren, untuk membantu mencapai apa yang elo mau selama di Jafra.

Oh iya, ini nomer Dewa 081809149009, atau akun instagram @jafrabynovita ya.

Semoga tulisan ini berguna, buat yg masih bingung tentang perawatan kulit harus gimana, dan yg masih punya keinginan untuk mendapatkan penghasilan lebih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar